26 Idol KPop yang Resmi Jadi Full Member KOMCA, Jungkook BTS Hingga Soyeon (G)I-DLE Bisa Ngumpulin Banyak Royalti

Daftar Idol KPop yang Resmi Jadi Full Member KOMCA

Idol KPop tak hanya punya bakat menyanyi dan menari saja, namun beberapa di antaranya juga punya keterampilan dalam menulis atau memproduseri sebuah musik. Nah di Korea Selatan, ada organisasi bernama KOMCA (Korea Music Copyright Association). KOMCA merupakan badan pengelolaan hak cipta musik terbesar di Korea untuk mendukung pencipta musik dengan melisensikan karya musik mereka dan dilindungi hak cipta.

Suatu pencapaian besar bila ada idol KPop yang bisa menjadi full member dari KOMCA. Meskipun, sejak tahun 2011 hingga sekarang, ada deretan idol KPop yang sudah resmi jadi full member KOMCA, lho. Yuk simak listnya berikut ini.

G-Dragon BIGBANG

Di tahun 2011, G-Dragon adalah idol pertama yang jadi full member KOMCA. Hingga Februari 2024, GD terpantau sudah memiliki 175 hak cipta yang terdaftar di KOMCA.

Rain

Berikutnya di tahun 2012 ada Rain yang resmi jadi full member KOMCA.

Kim Jaejoong JYJ

Berlanjut ke tahun 2013 , ada Kim Jaejoong JYJ sekaligus member TVXQ yang resmi jadi full member KOMCA.

T.O.P BIGBANG & Kim Junsu

Di tahun 2014 mulai banyak nih yang bergabung sebagai full member KOMCA. Mereka di antaranya adalah T.O.P BIGBANG dan Kim Junsu JYJ.

BoA

Di tahun 2015, ada solois asal SM Ent, BoA yang jadi resmi jadi full member KOMCA berkat kepiawaiannya dalam memproduksi lagu.

IU

Di tahun berikutnya, ada solois cantik, IU yang juga mendapat posisi kebanggan ini. IU memang sudah sering kali memproduksi lagunya sendiri.

Kim Taewoon g.o.d

Sementara itu, di tahun 2017 ada vokalis dari g.o.d, Kim Taewoo yang juga resmi menjadi full member dari KOMCA.

Suga BTS

Di tahun 2018, Suga menjadi member BTS pertama jadi full member dari KOMCA. Suga memang sudah sering kali memproduseri lagu-lagu dari BTS.

Woozi SEVENTEEN, Zico, Yonghwa, Jinyoung, B.I, Yong Junhyung

Beralih ke tahun 2019, ada banyak nih yang mendapat gelar resmi sebagai full member KOMCA. Mereka adalah Zico BLOCK B, Woozi SEVENTEEN, Jung Yonghwa CNBLUE, Jinyoung GOT7, B.I dan juga Yong Junhyung Highlight.

RM & J-Hope BTS, Jay Park

Menyusul Suga, kini giliran RM dan J-Hope BTS yang resmi menjadi full member KOMCA di tahun 2020. Tak hanya mereka, ada juga Jay Park yang juga jadi member KOMCA.

Mino WINNER

Berlanjut ke tahun 2021, ada Seunyoon dan Mino WINNER yang juga resmi bergabung dengan barisan full member KOMCA.

Hyunsik BTOB

Di tahun 2022, ada Hyunsik BTOB yang resmi menjadi bagian dari full member KOMCA.

3RACHA – Bangchan, Changbin, Han Stray Kids

Sementara di tahun 2023, ada trio dari Stray Kids, yakni Bangchan, Changbin dan Han yang resmi jadi full member KOMCA. Mereka juga dikenal sebagai sub unit 3RACHA.

Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE dan Vernon SEVENTEEN

Yang terbaru, ada Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE dan Vernon SEVENTEEN yang resmi jadi full member KOMCA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *