14 Grup KPop Generasi Kedua, Beberapa Masih Bersinar dan Sanggup Menyaingi Generasi Empat

Grup idol KPop generasi kedua, terbilang sangat populer pada masanya sehingga berhasil memunculkan kembali Korean wave (lahir sejak 1990 an) bagi generasi millenial (Y) dan Z. Grup generasi kedua ini, mulai terbentuk sejak 2003.

Masih banyak yang bertahan dan memilih untuk bersolo karier, berikut 14 grup KPop generasi kedua. Yuk, langsung di scorlling!

1. TVXQ memulai debut dengan lagu Hug

TVXQ debut pada 26 Desember 2003 yang beranggotakan terdiri dari Yunho, Changmin, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu. Dinaungi oleh SM Entertainment, kini grup TVXQ hanya punya dua anggota yakni Yunho dan Changmin. Grup ini, debut dengan menampilkan lagu Hug.

2. Super Junior lagu Twins (Knock Out)

Grup ini terbilang masih sangat eksis hingga generasi 4. Super Junior atau dikenal juga dengan sebutan SUJU ini, debut pada November 2005 dengan 13 anggota. Namun, kini kini ada 10 anggota yang bertahan, yaitu Leeteuk, Sungmin, Heechul, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun. SUJU debut dengan lagu Twins (Knock Out).

3. BIGBANG debut dengan lagu Lies.

BIGBANG hampir disukai oleh kaum pria dan wanita pada masanya karena gayanya yang nyentrik dan rata-rata tidak suka aegyo. Bigbang dinaungi oleh YG Entertainment dan memulai debutnya pada 19 Agustus 2006 dengan lagu Lies. Dari 2006 – 2019, Bigbang memiliki 5 anggota yakni T.O.P, G-Dragon, Taeyang, Seungri, dan Daesung. Namun, kini menjadi 4 anggota di mana Seungri resmi keluar karena terlibat kasus prostitusi dan narkoba. 

4. Girls Generation (SNSD) debut dengan lagu Into The New World

Girls Generation (SNSD) terbentuk pada tahun 2007 dan debut dengan lagu Into The New World. Sejak keluarnya Jessica, hingga di tahun 2021 anggota SNSD masih terdiri dari Taeyeon, Yuri, Hyoyeon, Sunny, Yoona, Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun. Meskipun Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun meninggalkan SM pada 2017, mereka tetap menegaskan bahwa grup SNSD tidak bubar.

5. F.T. Island debut dengan lagu Cheerful Sensibility

Grup ini adalah band Korea Selatan yang saat ini terdiri dari 3 anggota yakni Hongki, Jaejin, dan Minhwan. Pada 14 Maret 2019 FNC Ent mengumumkan pengunduran diri Jonghun dari industri K-pop. Band ini memulai debutnya pada 7 Juni 2007 dengan menampilkan lagu Cheerful Sensibility.

6. 2PM debut dengan lagu tajuk 10 Out of 10

2PM, grup KPop ini dinaungi oleh JYP Entertainment di mana memiliki tujuh anggota yakni Jun. K, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, Jay Park, dan Chansung. Namun, pada 2010 Jay Park meninggalkan 2PM. 2PM memulai debut pada 4 September 2008, di mana mereka menampilkan lagu dengan tajuk 10 Out of 10. 

7. SHINee debut dengan lagu Replay

grup KPop yang terbentuk sejak 25 Mei 2008. Saat itu, SHINee memiliki lima anggota yakni Onew, Key, Minho, Taemin, dan Jonghyun, dengan menampilkan lagu Replay saat debut mereka. Sayangnya, pada 18 Desember 2017 Junghyun meninggal dunia akibat bunuh diri

8. Davichi debut dengan album AMARANTH

Davichi adalah duo pop ballad atau pop rock asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2008. Davichi terdiri dari dua vokalis yakni Lee Hae Ri dan Kang Min Kyung. Mereka debut dengan album AMARANTH pada 4 Februari 2008, dengan lagu utama I Hate You, I Love You . Hingga saat ini, Davichi ratu pengisi sound track drama

9. F(x) debut dengan lagu La Cha Ta

F(x) memulai debutnya pada tanggal 5 September 2009 di bawah SM Entertainment, dengan 4 anggota yakni Victoria, Amber, Luna, dan Krystal. Pada Agustus 2015, Sulli secara resmi meninggalkan grup dan memilih dunia akting.

Pada September 2019, kontrak Amber, Victoria, dan Luna dengan SM berakhir dan mereka memutuskan untuk tidak memperbaruinya. Pada 14 Oktober 2019 mantan anggota Sulli meninggal karena bunuh diri. Pada Oktober 2020 telah diumumkan bahwa Krystal telah resmi meninggalkan SM. Baik Victoria dan Luna telah menyatakan bahwa grup tersebut belum sepenuhnya bubar.

10. Debut dengan video musik Tilt My Head

Girl’s Day saat ini terdiri dari 4 anggota yakni Sojin, Yura, Minah dan Hyeri. Band ini memulai debutnya pada tahun 2010, di bawah Dream Tea Entertainment. Saat debut, Girl’s Day merilis MV mereka yang berjudul Tilt My Head

Pada 11 Januari 2019 semua kontrak 4 anggota Girl’s Day dengan Dream T Entertainment berakhir dan mereka memutuskan untuk tidak memperbarui. Dream T Ent mengumumkan bahwa grup tersebut tidak bubar tetapi hanya dalam masa hiatus dan masih ada harapan para anggota akan berpromosi lagi sebagai Girl’s Day di masa depan.

11. CNBLUE debut lagu I’m a Loner

CNBLUE, Meski tak begitu sepopuler Bigbang dan Super Junior, CNBLUE ternyata berhasil membuktikan bahwa mereka merupakan tim yang solid. CNBLUE terdiri dari Yonghwa, Minhyuk dan Jungshin, di mana mereka memulai debut di Jepang pada awal 2009. Sedangkan di Korea Selatan, CNBLUE memulai debutnya pada 14 Januari 2010 di bawah FNC Entertainment

12. Teen Top debut dengan lagu Clap 

Teen Top, saat ini terdiri dari 5 anggota yakni C.A.P, Chunji, Niel, Ricky dan Changjo. Band ini memulai debutnya di bawah TOP Media pada 10 Juli 2010 dengan lagu Clap.

13. Infinite menampilkan album First Invasion

Infinite, saat ini terdiri dari 6 anggota yakni Sungkyu, Dongwoo, Woohyun, Sungyeol, L, dan Sungjong. Pada 30 Agustus 2017 Hoya meninggalkan Infinite. Grup ini memulai debutnya pada 9 Juni 2010 di bawah Woollim Entertainment, dengan menampilkan album First Invasion.

14. BEAST debut dengan lagu Bad Girl

BEAST atau B2ST, terbentuk dan memulai debut pada Oktober 2009 dengan jumlah 6 anggota yakni Doo Joon, Hyun Seung, Jun Hyung, Yo Seob, Kikwang dan Dong Woon. Saat debut, grup ini menampilkan lagu Bad Girl di bawah Cube Entertainment.

Pada April 2016, anggota asli Jang Hyunseung meninggalkan grup.Pada 14 Maret 2019, setelah skandal chatroom, Junhyung mengumumkan kepergiannya dari grup. Kini BEAST terdiri dari empat anggota Yoon Doojoon, Yang Yoseob, Lee Gikwang, dan Son Dongwoon. Keempat anggota ini, telah pindah ke agensi Around Us Entertainment dan mengubah nama band menjadi Highlight.

Itulah 14 grup KPop generasi kedua. Hingga menuju generasi ke-4, beberapa grup di atas masih berjaya dan tetap memiliki banyak penggemar. Beberapa diantara mereka adalah Super Junior, 2PM, BIGBANG, SHINee, SNSD, dan Davichi.

Penulis dari artikel ini generasi kedua nih, hingga saat ini masih bertahan dengan Super Junior dan bahkan hampir jadi SM stan karena menyukai EXO dan NCT. Kamu gimana?

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cahaya Padang

We Have Only Today, Let's Begin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *