5 Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Mirip di Indonesia

Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Mirip di Indonesia

Setiap negara tentunya punya budaya dan tradisinya masing-masing, termasuk di Korea Selatan. Meski kini Korea terkenal dengan trend KPop-nya, namun tradisi atau budaya di Korea Selatan masih tetap lestari hingga sekarang lho.

Menariknya, beberapa tradisi atau tradisi dari Korea ini ada yang mirip dengan Indonesia lho. Wah, kira-kira apa saja, ya? Yuk langsung cari tahu bareng LapakKorea!

1. Mudik

Sebagai warga Negara Indonesia, kita sudah tak asing lagi dengan istilah mudik atau pulang kampung. Rupanya warga Korea Selatan juga punya kebiasaan yang sama, lho.

Di Korea Selatan, biasanya warganya akan mudik atau pulang kampung saat perayaan Chuseok tiba. Buat yang belum tahu, Chuseok ini merupakan festival atau hari pesta panen raya.

Hari raya Chuseok setiap tahunnya jatuh di tanggal berbeda. Namun masa liburnya selalu sama, yakni sekitar 3 atau 4 hari.

Di momen inilah, biasanya warga Korea yang tinggal di perkotaan akan kembali ke kampung halaman dan menghabiskan waktunya bersama keluarga. Mirip-mirip, ya sama Indonesia yang pulang kampung di momen Lebaran.

2. Upacara untuk Bayi

Korea Selatan juga punya tradisi upacara bayi yang mirip seperti di Indonesia. Upacara adat ini bernama Doljanchi.

Upacara Doljanchi ini diadakan ketika merayakan ulang tahun pertama pada bayi. Biasanya digelar sambil mengundang keluarga, kerabat dan teman terdekat.

Nantinya, bayi akan dihadapkan pada beberapa benda yang mengandung makna perkiraan karir atau rezeki di masa depan.

Misalnya bisa bayi memilih buku atau kuas, dipercaya di masa depan akan menjadi ilmuwan. Beda lagi jika memilih uang atau beras, maka dipercaya akan menjadi orang kaya di kemudian hari.

Upacara bayi ini mirip dengan tradisi Tedak Siten dari Jawa. Yang dimana upacara ini dilakukan saat anak mulai menginjakkan kaki ke tanah.

3. Hormat pada Orang yang Lebih Tua

Sama seperti di Indonesia, Korea Selatan masih menjunjung tinggi rasa hormat kepada senior atau orang yang lebih tua.

Mereka akan menggunakan bahasa yang lebih formal ketika mengobrol dengan yang lebih tua. Bahkan di beberapa situasi, gestur tubuh dan sikap sangat diperhatikan demi menjaga sopan santun.

Di Indonesia pun begitu. Kita masih menerapkan budaya cium tangan, ramah dan berbicara sopan pada orang yang lebih tua.

4. Pakai Baju Adat saat Menikah

Pernikahan adalah momen yang sakral. Nah di Korea Selatan, tak sedikit pula para pengantin yang menikah dengan baju tradisional seperti hanbok.

Prosesi pernikahan pun ada yang masih digelar secara tradisional bak pernikahan di masa lalu. Meskipun mungkin tradisi pernikahan semacam ini mulai jarang terlihat.

Sementara di Indonesia, para pengantin juga biasanya menikah dengan menggunakan baju adat dari berbagai daerah. Belum lagi rangkaian acaranya masih sakral dan sesuai tradisi daerah masing-masing.

5. Makan Mie Instan

Kalau ini sih sebenarnya salah satu kebiasaan. Orang Korea Selatan suka banget lho makan mie instan seperti orang Indonesia.

Mereka biasanya makan ramyeon pedas sebagai pengganti makan nasi. Jenis ramyeon di Korea pun ada banyak, namun kebanyakan orang Korea lebih suka mie yang pedas. Seperti misalnya shin ramyeon atau samyang.

Sementara di Indonesia sendiri, kita juga punya berbagai jenis mie kuah dan juga goreng
yang rasanya selalu bikin ketagihan.

Nah itu dia beberapa tradisi atau budaya Korea Selatan yang memiliki kemiripan dengan Indonesia. Menarik banget, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *