7 Member Grup Idol KPop SM yang Debut Pertama Sebagai Solois, Ada Biasmu?

Untuk bisa debut solo, para idol KPop awalnya harus menjalani trainee terlebih dahulu. Setelah berhasil melewati masa trainee, mereka akhirnya diterjunkan ke panggung dan menyapa penggemar.

Namun, tak menutup kemungkinan jika ada idol yang debut solonya dimulai setelah aktif berkarier bersama member grupnya. Contohnya, beberapa idol yang dinaungi SM Entertainment di bawah ini. Yuk, scrolling ke bawah!

1. Taemin SHINee

Debut solo pada 18 Agustus 2014, ternyata Taemin merupakan member SHINee pertama yang debut sebagai solois sekaligus member dari grup naungan SM yang debut pertama kali sebagai solois, lho!

Maknae SHINee yang bernama lengkap Lee Tae-min ini debut bersama SHINee di usia 14 tahun pada 2007, dan saat Taemin debut sebagai solois umurnya baru 21 tahun. Terbilang cukup muda, apalagi saat itu debut sebagai solois selagi masih tergabung dalam grup yang aktif adalah hal pertama bagi SM Entertainment.

Solo debut Taemin dengan album bertajuk ‘ACE’ dan title track ‘Danger’ berhasil memuncaki peringkat #1 Gaon Weekly album chart dan Gaon Monthly album chart juga memuncaki peringkat #2 Billboard World Albums. Bahkan berhasil memenangkan tiga penghargaan dan dinominasikan dalam 6 kategori di tahun 2014 dan 2015.

Wah, Taemin benar-benar ACE, ya!

2. Kyuhyun Super Junior

Pada 13 November 2014, Kyuhyun menyusul debut solo dengan album berjudul ‘At Gwanghwamun’ dan title track dengan judul yang sama. Hal ini pun membuat Kyuhyun menjadi member pertama Super Junior yang debut sebagai solois. 

Setelah di rilis, lagu-lagu dari album solo debut Kyuhyun langsung merajai tangga musik Korea. Bahkan, lagu At Gwanghwamun mendapatkan ‘All-Kill’ dengan menduduki peringkat satu di sembilan tangga musik korea yaitu MelOn, Genie, Soribada, Daum Music, Naver Music, Mnet, Olleh Music, Bugs dan Monkey3.

Pencapaian yang sangat luar biasa!

3. Amber f(x)

Member f(x) dengan nama lengkap Amber Josephine Liu ini merupakan member pertama yang debut sebagai solois pada 13 Februari 2015. Diketahui bahwa Amber menulis sendiri lagu-lagu pada album solo debut nya lho! Bahkan lead single-nya ‘Shake That Brass’ featuring Taeyeon SNSD juga Amber tulis sendiri. 

Selain Taeyeon, beberapa artis juga muncul dalam video musik ‘Shake That Brass’. Beberapa artis di antaranya yaitu Hyoyeon SNSD, Jackson GOT7, Jia dan Min Miss A, Park Joon-hyung g.o.d, Ellin Crayon Pop, Brad Busker Busker, Woori Rainbow, Aron NU’EST, Rome C-Clown, Irene Kim, dan Ahn Young-mi. 

Video musik ‘Shake That Brass’ pun mendapat banyak perhatian dari khalayak dan dilihat satu juta kali di YouTube dalam waktu 24 jam!

4. Taeyeon SNSD

Taeyeon SNSD menjadi member SNSD atau Girl’s Generation pertama yang merilis album debut solo-nya, yaitu pada 7 Oktober 2015! Seperti Amber, vokalis utama dan leader SNSD ini juga turut membantu dalam penulisan lagu debutnya yang berjudul ‘I’ featuring rapper Verbal Jint.

Taeyeon terkenal memiliki suara yang sangat merdu dan enak didengar. Maka tidak kaget jika album ‘I’ berhasil menduduki tangga musik tidak hanya di Korea, tapi juga di Jepang, US, dan Taiwan! 

Meski begitu, banyak penggemar yang menyayangkan debut solo Taeyeon yang dianggap terlalu lama, yaitu membutuhkan waktu delapan tahun sejak SNSD debut.

5. Lay EXO

Zhang Yixing, atau yang kita kenal dengan “Lay” merupakan member asal China yang debut bersama EXO pada 8 April 2014. Walaupun jauh sebelum debut bersama EXO Lay sudah menjadi artis di negara asalnya, pada 7 Oktober 2016 Lay debut sebagai penyanyi solo dengan ‘what U need?’ yang menjadi hadiah kejutan untuk penggemar di hari ulang tahunnya.

Pada 28 Oktober 2016 Lay merilis album ‘Lose Control’ yang berisi enam lagu dan merajai tangga musik China dan Korea serta memenangkan Album of The Year di YinYueTai V Chart Awards 2017. 

6. U-Know Yunho TVXQ

Salah satu penyanyi legenda K-Pop, Jung Yunho atau yang biasa dikenal dengan nama panggungnya U-Know Yunho, debut sebagai solois lebih dulu dari membernya yang lain yaitu Changmin atau MAX. 

Fasih dalam berbahasa Korea dan Jepang, Yunho justru merilis album solo Jepang-nya lebih dulu, lho! ‘U Know Y’ dirilis pada 8 Juli 2015 dengan title track berjudul ‘Burning Down’. 

Kemudian, pada 12 Juni 2019 baru Yunho merilis album solo Korea-nya ‘True Colors’ dengan title track ‘Follow’. 

7. Wendy Red Velvet

Siapa yang kangen Wendy? Setelah mengalami kecelakaan di atas panggung saat acara akhir tahun SBS, Wendy Red Velvet tidak bisa mengikuti aktivitas grupnya, Red Velvet. Namun, meskipun tidak muncul di layar selama berbulan-bulan, Wendy tetap aktif mengisi OST dan kolaborasi, lho! Bahkan, Wendy juga mengisi suara dalam film “Trolls World Tour” sebagai Poppy!

Setelah secara resmi muncul kembali saat Red Velvet merilis remake ‘Milky Way’ milik BoA, pada 5 April 2021 Wendy Red Velvet merilis ‘Like Water’ sebagai lagu debut solonya!

Main vocal Red Velvet ini menjadi member pertama yang debut sebagai solois setelah tujuh tahun Red Velvet debut. Album ‘Like Water’ berhasil yang menduduki chart #1 di 33 negara dan Wendy pun menjadi salah satu penyanyi solo wanita yang sukses mencapai #1 Worldwide iTunes Album Chart selama dua hari. 

Selamat Wendy!

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *