8 Film Korea dengan Plot Twist Terbaik, Nggak Ketebak!

Merinding dari ujung kepala hingga ujung kaki merupakan reaksi natural yang kita tunjukkan, saat menonton film dengan jalan cerita yang nggak terduga. Film yang mengandung plot twist dijamin akan bikin kita nggak berhenti menebak-nebak selama menonton, bahkan bisa-bisa dipaksa untuk berpikir sampai akhir film.

Ternyata, banyak juga lho film Korea yang seru dan mengandung plot twist. Penasaran film apa saja itu? Berikut 10 film Korea dengan plot twist terbaik!

1. The Call (2020)

Film keluaran Netflix ini dijamin bikin kamu bengong sepanjang nonton! Berlatar tahun 2019, Kim Seo-yeon (Park Shin-hye) kerap kali mendapat panggilan dari penelpon asing bernama Oh Young-sook (Jeon Jong-seo). Setelah beberapa kali berkomunikasi, akhirnya diketahui bahwa Oh Young-sook hidup pada masa lalu, tepatnya tahun 1999.

Young-sook dan Seo-yeon sering berkomunikasi lewat telepon hingga menyadari bahwa mereka sama-sama menjalani hidup yang sulit. Young-sook hidup bersama ibu angkatnya yang merupakan seorang paranormal dan Seo-yeon yang memendam benci pada ibunya atas meninggalnya ayahnya. Dengan bantuan telepon, Young-sook dan Seo-yeon mencoba mengubah jalan cerita hidup mereka dengan menolong satu sama lain. Nah, di sinilah masalah dimulai!

2. Forgotten (2017)

Jin-seok (Kang Ha-neul) baru saja pindah ke rumah barunya bersama Ayah, Ibu, dan Kakak laki-lakinya, Yoo-seok (Kim Mu-yeol). Seperti keluarga bahagia pada umumnya, Jin-seok yang baru berumur 21 tahun sangat disayang oleh orang tua dan kakaknya.

Hingga suatu hari Jin-seok melihat Yoo-seok diculik oleh sekelompok orang dan baru kembali pada hari kesembilan belas. Setelah kejadian itu, ia menyadari sikap Yoo-seok berubah dan kemudian mengetahui bahwa keluarga yang tinggal bersamanya ternyata bukanlah keluarganya yang sesungguhnya. Film satu ini dijamin akan bikin kamu deg-degan!

3. Hello Ghost (2010)

Judulnya memang ‘ghost’ tapi tenang, film ini nggak seram sama sekali, lho! Menceritakan tentang Sang-man (Cha Tae-hyun) yang sedang mengalami stress berat hingga berusaha bunuh diri.

Setelah berkali-kali melakukan percobaan bunuh diri, suatu hari Sang-man terbangun di rumah sakit setelah siuman dari keadaan koma. Namun, kali ini ia mendapati dirinya bisa melihat hantu yang mengikutinya sampai ke rumah. Bukan hanya satu hantu, tapi empat sekaligus!

Sang-man pun akhirnya membantu para hantu menyelesaikan keinginan mereka yang belum tuntas semasa hidup. Ceritanya lucu sekaligus mengharukan, jadi jangan lupa siapkan tissue ya!

4. Door Lock (2018)

Buat yang suka film bergenre misteri atau thriller, yang satu ini nggak boleh kamu lewatin! Film ini dimulai dengan wanita yang diteror dan berakhir tak berdaya di sebuah kamar. Usai kejadian tersebut, Jo Kyung-min (Gong Hyo-jin) merasa ada yang aneh dari kamar apartemen nya. Dimulai dari pengunci pintunya (door lock) yang tiba-tiba kotor, seseorang mencoba membuka door lock-nya, hingga gedoran pada pintu saat malam hari.

Merasa tidak aman, akhirnya Kyung-min memanggil polisi untuk menyelidiki kecurigaannya tersebut, namun polisi terkesan tidak acuh. Puncaknya, saat rekan kerja Kyung-min datang untuk mengantarkan dompet Kyung-min yang tertinggal, rekan kerjanya malah terbunuh di dalam kamar Kyung-min. Kejadian-kejadian aneh dan terror pun terus berlangsung bahkan setelah Kyung-min pindah ke tempat yang baru.

5. Parasite (2019)

Siapa sih yang nggak tahu film Parasite? Film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho ini sukses meraih banyak sekali penghargaan hingga memenangkan empat Piala Oscar di tahun 2020. Kesuksesannya pun bukan tanpa alasan, tapi karena memang jalan cerita film Parasite yang seru dan mindblowing.

Menceritakan tentang sebuah keluarga yang hidup di basement. Karena membutuhkan uang dan tempat tinggal yang lebih layak, keempat anggota keluarga tersebut bekerja pada satu keluarga kaya raya dan memainkan peran masing-masing.

Berpura-pura tidak mengenal satu sama lain, sang majikan pun tidak menemukan kecurigaan sedikitpun. Semuanya berjalan lancar hingga suatu hari sang majikan pergi berlibur sekeluarga dan hal yang tidak disangka-sangka pun terjadi.

6. Fabricated City (2017)

Penggemar Ji Chang Wook dan film action harus nonton! Berperan sebagai Kwon-yoo, Ji Chang-wook di film ini adalah pemain game yang sangat jago, lho. Setiap hari Kwon-yoo menghabiskan waktunya dengan bermain game di warnet.

Lalu, pada suatu hari ada ponsel yang tertinggal di warnet, seorang wanita yang mengaku pemilik ponsel tersebut meminta Kwon-yoo untuk mengantarkan ponselnya ke sebuah kamar motel dan akan diberikan uang sebagai imbalannya. Kwon-yoo yang saat itu tidak punya uang pun akhirnya menyetujui hal tersebut.

Awalnya, Kwon-yoo ragu saat mendapati kamar tersebut dibiarkan terbuka, apalagi saat ia melihat si pemilik ponsel sedang mandi. Namun, pada akhirnya ia tetap memberikan ponsel tersebut dan menaruhnya di atas kasur sesuai arahan.

Namun, keesokan harinya, tiba-tiba saja Kwon-yoo disergap oleh polisi di dalam rumahnya dan dinyatakan sebagai pelaku pemerkosaan sekaligus pembunuhan terhadap anak di bawah umur. Dari sinilah semua teka-teki dimulai. Penonton dijamin akan dibuat bertanya-tanya dan bingung selama menonton. Tapi, film ini mengandung banyak kekerasan, jadi pastikan kamu sudah cukup umur sebelum menonton, ya!

7. My Sassy Girl (2001)

Mengisahkan tentang Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) yang secara tidak sengaja bertemu dengan wanita asing (Jun Ji-hyun) yang terus membuatnya mengalami kesialan. Seperti judulnya, si ‘sassy girl’ ini adalah cewek yang ceplas-ceplos dan cenderung berani bahkan kepada orang asing, berbanding terbalik dengan Gyeon-woo yang lugu dan penurut. Meski begitu, mereka terus bertemu karena merasa nyaman dengan satu sama lain.

Dirilis tahun 2001, ternyata film ini sangat terkenal pada masanya, lho! Film ringan dan cukup menghibur ini juga memiliki plot twist di akhir cerita. Jadi, siap-siap saja kalau kaget di akhir cerita, ya!

8. Hide and Seek (2013)

Bagi pecinta film horror, thriller, dan mystery, film ini cocok banget buat kamu! Baru awalnya saja, kamu sudah akan dibuat tegang karena adanya seorang wanita yang diteror di apartemennya. Setelahnya, cerita berfokus pada Sung-soo (Son Hyun-joo), seorang pebisnis sukses dengan sifat yang perfeksionis dan sangat menyukai kebersihan.

Suatu hari, Sung-soo mendapat kabar bahwa saudara angkatnya, Sung-chul, telah menghilang. Walau memiliki hubungan yang kurang baik, Sung-soo tetap pergi mencari keberadaan saudaranya dengan mencoba mendatangi kediaman Sung-chul yang berada di apartemen kumuh. Setelahnya, Sung-soo memutuskan untuk tinggal di apartemen tersebut. Namun ternyata, apartemen itu terlihat memiliki banyak keanehan.

Sepanjang film, penonton akan dibuat tegang dan bingung. Ditambah akhir yang tidak terduga, cocok sekali untuk disebut salah satu film korea dengan plot twist terbaik!

Nah, itu dia 8 film Korea dengan plot twist terbaik, kamu paling suka yang mana?

Share

One thought on “8 Film Korea dengan Plot Twist Terbaik, Nggak Ketebak!

  • 30 March 2021 4:37 PM at 16:37
    Permalink

    My favorite is Fabricated City and Ji Chang Wook is so good in the movie/

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *