Disptach Bongkar Awal Mula Pertikaian Chuu LOONA dan Blockberry Creative, Syuting Dini Hari Bikin Syok!

Chuu LOONA

Belum lama ini, fans dikejutkan dengan kabar Chuu digepak dari grup LOONA. Fatalnya, Blockberry Creative sebagai agensi LOONA, malah mengklaim bahwa Chuu dikeluarkan karena sikap buruknya. Dampaknya, fans akhirnya turun tangan dan boikot comeback LOONA hingga tak ada acara showcase.

Tak lama kemudian, Dispatch akhirnya mengungkap awal mula Chuu dan Blockberry Creative berseturu. Mau tahu seperti apa? Berikut ringkasannya!

Hubungan Chuu dan Blockberry Creative bermasalah karena kontrak kerja yang tak wajar

Pada Desember 201, Chuu menandatangani kontrak eksklusif dengan Blockberry Creative. Saat itu, tertulis dalam perjanjian bahwa keuntungan sebanyak 70% menjadi milik Blockberry Creative. Tentuya, hal itu tidaklah wajar. Pada tahun 2022, Chuu akhirnya menggugat Blockberry Creative untuk membatalkan kontrak.

Gugatan itu akhirnya dimenangkan oleh Chuu pada Januari 2022. Dampaknya, Blockberry Creative kehilangan daya tawar dan mencoba menegosiasikan ulang kontrak dengan Chuu. Dalam kontrak baru yang dibuat pada April, Blockberry Creative mendapatan keuntungan sebanyak 30% dan Chuu bisa keluar dari aktivitas LOONA sebagai grup hingga 3 kali dalam sebulan.

Selain itu, Blockberry Creative akan membayar Chuu sebanyak 50 juta won dan Chuu bebas mengakhiri kontrak jika kelak dirugikan. Sub-kontrak itu seharusnya berakhir pada 31 Desember 2022.

Chuu dan staf Blockberry Creative bermasalah

Dikutip dari laporan Dispatch, hubungan Chuu dan Blockberry Creative sejak awal memang sangat rumit. Berawal dari Desember 2017, Chuu menulis surat kepada direktur Blockberry Creative berinisial B, sebagai janji bahwa dia akan bekerja keras.

“Selamat tahun baru, saya Chuu! Saya berjanji akan membuat semua orang di perusahaan bahagia dengan energi positif saya mulai dari sekarang,” tulis Chuu kepada direktur Blockberry Creative.

Lalu pada Juni 2022, SMS Chuu ke direktur B justru memiliki kesan marah. Hal itu terkait Chuu memberikan spoiler koreografi lagu baru LOONA saat acara fan sign.

“Apakah Anda benar-benar menyalahkan saya untuk satu detik itu? Lol, saya tidak berpartisipasi dalam album ini. Maukah Anda mengambil bagian setelah saya menulis semua yang terjadi dan mati?” isi pesan Chuu yang dibongkar Dispatch.

Chuu: Dengan hal seperti ini hahahaha apa yang kamu bicarakan dengan satu detik?

Chuu: Haruskah kita tidak memiliki kasih sayang?

Chuu: Aku merindukan album ini

Chuu: Aku tidak bercanda.

Chuu: Jangan bermimpi untuk berpartisipasi dalam penampilan yang mirip dengan Queendom di masa depan.

Chuu: Saya rasa orang tidak akan memikirkan kesalahan mereka.

Chuu: Sebelum spoiler, apa kalian tidak tahu apa yang grup lain lakukan di fansign atau siaran grup kita?

Chuu: Apakah kamu tidak membalas?

Chuu: Manajer

Chuu: Jawab.

Chuu: Jawab.

Chuu: Ketika aku mati, apakah kamu benar-benar ingin sadar jika kamu menuliskan semua yang telah kamu lalui dan mati?

Direktur B: Saya akan memeriksa situasinya.

Chuu: Bukankah manajer yang mengirimkannya?

Manajer B: Ya. Saya tidak mengirimkannya.

Ibu Chuu ikut campur dan minta hak dibayar 50 juta won, saat Chuu tinggalkan lokasi syuting MV Flip That

Pada 24 Mei, tepat saat LOONA syuting video klip untuk lagu Flip That juga ada permasalahan. Saat itu, syuting tertunda, koreografi grup yang semula dijadwalkan pukul 11 malam ditunda menjadi 12.27 pada 25 Mei.

Saat itu, salah satu anggota LOONA menghubungi perwakilan A untuk memberi tahu bahwa Chuu meninggalkan lokasi syuting. Pada pukul 12.35 tanggal 25 Mei, perwakilan A langsung menghubungi ibu Chuu.

A: Halo, saya tahu Anda sedang menunggu untuk menjemput putri Anda dari lokasi syuting. Saya sangat menyesal tapi saya ingin tahu apakah Anda bisa menunggu sedikit lebih lama. Terjadi keterlambatan sekitar satu jam. Saya pikir Chuu juga dalam posisi yang sulit sekarang. Semua 12 anggota harus menampilkan koreografi grup tapiā€¦ halo?

Ibu Chuu: Ya, saya mendengarkan.

A: Saya mengerti Anda telah melakukan perjalanan dari jauh tapi

Ibu Chuu: Oke, saya mengerti.

Setelah telepon terputus, ibu Chuu akhirnya menggunakan haknya untuk menerima 50 juta won, seperti yang tertulis dalam sub-kontrak, karena mengganggu jadwal pribadi Chuu untuk syuting iklan pada 25 Mei.

Permintaan ibu Chuu akhirnya dijawab oleh perwakilan A dengan memberikan argumen bahwa jika Chuu bisa tinggal sampai mereka syuting adegan ke-19, mereka tetap akan membayar dendanya.

Menurut laporan Dispatch, Chuu masih menyelesaikan adegan ke-16, namun pergi sekitar jam 3 pagi tanpa syuting adegan ke-19. Awalnya, adegan ke-19 adalah saat semua anggota muncul dalam satu frame.

Aneh banget, semua anggota LOONA ternyata memiliki aturan yang berbeda dalam kontrak individu dengan Blockberry Creative. Jadi, setiap anggota LOONA tampil di acara musik, bermain drama, debut solo, dll, itu akan dibagi antara anggota dan perusahaan, bukan dengan anggta lain dalam grup.

Dalam laporan kali ini, Dispatch tidak menyalahkan Chuu ataupun Blockberry Creative, namun menilai bahwa konsep awal mereka menjalin kerja sama antara agensi dan artis sudah salah.

Di sisi lain, ikut campurnya ibu Chuu, juga tampaknya awal mula ada rumor bahwa Chuu mendirikan agensi, di mana ibunya menjadi direkturnya.

Sumber: Dispatch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *