6 Gaya Belajar Siswa Korea Selatan Wajib Ditiru, Bikin Makin Cerdas!

Gaya Belajar ala Pelajar Korea Selatan

Bagi sebagian orang, belajar mungkin menjadi hal yang sedikit menyulitkan. Beberapa di antaranya juga mungkin merasa bahwa metode belajar yang dijalani sekarang ini justru tak efektif. Bila demikian, kamu bisa lihat dan tiru bagaimana gaya belajar para siswa Korea Selatan.

Seperti yang kita tahu, para pelajar di Korea sangatlah tekun dalam belajar. Bahkan durasi belajar mengajar di sekolah pun bisa cukup lama. Belum lagi ketika mereka lulus dan ingin masuk perguruan tinggi, intensitas belajar mereka pun akan semakin ditingkatkan.

Mungkin kamu bisa juga nih, contoh beberapa gaya belajar para pelajar di Korea. Siapa tahu dengan menerapkan metode belajar ini, kamu bisa ranking satu atau bahkan lulus ujian seleksi masuk perguruan tinggi incaranmu. Yuk simak ulasan mengenai gaya belajar ala siswa Korea Selatan di bawah ini.

1. Disiplin Waktu

Kunci utama agar belajar lebih efektif adalah menerapkan disiplin waktu. Umumnya pelajar Korea banyak menghabiskan lebih banyak waktunya untuk belajar daripada tidur atau main.

Bahkan mereka bisa lho belajar selama 13 jam dalam satu hari. Memang terdengar ekstrem dan sulit untuk ditiru. Namun kita tetap bisa mengikuti bagaimana mereka sangat disiplin ketika waktu belajar tiba.

Jadi semisal ini sudah waktunya untuk belajar, meski malas, kamu tetap harus memaksa dirimu membaca atau mengerjakan soal dengan durasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Ruang Belajar yang Nyaman

Para pelajar di Korea Selatan bisa betah belajar dalam waktu lama karena punya ruang belajar yang mendukung. Kursi yang empuk dan nyaman, pencahayaan yang pas dan suasana yang tenang, akan membuat kamu jadi lebih fokus menyerap materi yang sedang dibaca.

Maka dari itu, kamu bisa mulai nih mendekor meja belajarmu agar lebih nyaman apabila digunakan untuk belajar dalam waktu lama.

3. Gunakan Timer

Menariknya, pelajar Korea Selatan kerap kali memanfaatkan timer ketika sedang belajar. Timer atau stopwatch ini biasanya digunakan untuk mengukur seberapa cepat mereka dalam mengerjakan soal.

Dengan begini, kamu jadi bisa mengetahui sejauh mana kemampuan yang sudah kamu miliki, kemudian mengevaluasi diri dengan bagian soal yang sekiranya masih sulit untuk dikuasai.

4. Catat atau Tulis Ulang Hal-hal Penting

Kalau kamu suka nontonin drama Korea, pastinya sering melihat para siswa yang belajar sambil mencatat apa yang mereka baca. Yaps, rupanya belajar dengan cara menuliskan kembali materi yang dibaca sangat membantu kita dalam menghafal materi lho.

Meski metode belajar ini agak sedikit kuno, namun nyatanya tetap efektif untuk diterapkan bagi kamu yang memang punya kendala dalam menghafal pelajaran.

5. Ganti Materi Dalam 20 Menit

Gaya belajar pelajar Korea yang bisa kamu tiru berikutnya adalah dengan mengganti soal atau materi bacaan setelah 20 menit. Fyi aja nih, ternyata otak manusia itu punya daya serap pelajaran selama 20 menit pertama saja lho. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan itu akan menurun.

Oleh sebab itu, kebanyakan pelajar Korea akan berganti materi atau soal setelah 20 menit pertama agar daya serap otak tetap fresh. Namun kalau memang sudah lelah berpikir, jangan ragu untuk istirahat terlebih dahulu, ya.

6. Ikut Les

Faktanya, siswa siswi Korea Selatan banyak yang mengikuti les atau bimbel, lho. Hal ini demi untuk mendapatkan nilai yang jauh lebih memuaskan.

Cara ini juga bisa kamu terapkan. Sebab, di tempat les atau bimbel, terkadang kita diberikan cara menghitung atau materi baru yang tak dipelajari di sekolah. Dengan demikian kemampuan dan cara berpikir kita jadi lebih unggul dibanding siswa lainnya.

Nah itu dia beberapa gaya belajar pelajar Korea Selatan yang bisa kamu terapkan juga. Gimana, cukup simpel bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *