Sumber Kekayaan Dicurigai, ‘Pacar’ Park Min Young Ternyata Penipu dan Punya Utang Rp127 miliar?

Park Min Young, Kang Jong Hyun

Pada 28 September, publik dihebohkan dengan laporan Dispatch yang menciduk aktris Park Min Young tengah melakukan kencan dengan salah satu bos kripto yang sudah sejak lama jadi incaran media Korea. Tidak mempermasalah Park Min Young yang kini sudah punya pacar, media Korea, terkhusus Dispatch, hanya fokus kepada kasus Kang Jong Hyun yang dinilai sebagai bos dadakan yang memegang banyak perusahaan dan saham.

Ternyata pernah masuk penjara atas kasus penipuan dan kini masih memiliki utang, ini hasil incaran Dispatch yang malah menemukan bonus tambahan dengan kehadiran Park Min Young. Mau tahu seperti apa? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini!

Kasus penipuan Kang Jong Hyun yang menarik hati Dispatch

Kang Jong Hyun kuliah di universitas di Gangwon-do, tapi di-dropped out. Pada tahun 2010, ia memulai bisnis penjualan ponsel dengan ayahnya. Mereka mendirikan D Olleh Communications di Gwangju.

D Olleh Communications adalah perusahaan yang dibuat khusus menjual ponsel. Kang Jong Hyun juga mengoperasikan cabang KT mobile dan pemasok ponsel ke toko telepon lain.

Antara tahun 2013 dan 2014, Kang Jong Hyun terlibat dalam kasus penipuan, dia menipu sekitar 3,50 miliar won (sekitar Rp37 miliar ) dari A Capital Group dengan mengubah buku besar. Dia didakwa dengan penipuan dan pemalsuan dokumen pribadi.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul memutuskan bahwa Kang Jong Hyun bersalah atas penipuan dan menjatuhkan hukuman percobaan tiga tahun dengan dua setengah tahun penjara, jika dia melanggar masa percobaan. Dia juga diperintahkan untuk menyelesaikan 80 jam pelayanan masyarakat.

Pada tahun 2014 dan 2015, Kang Jong Hyun terlibat juga dalam skema pinjaman bundaran dengan lembaga keuangan. Melalui lembaga keuangan, dia mengumpulkan total 33,2 miliar won (Rp351 miliar) dalam obligasi ekuitas swasta yang diterbitkan untuk membantu mengakuisisi sebuah perusahaan. Dalam proses ini, Kang Jong Hyun meminjam tambahan 9,00 miliar won (sekitarRp95 miliar) dengan memanfaatkan kelemahan di lembaga keuangan.

Utang 12,0 miliar won (Rp127 miliar) masih belum dilunasi

Kasus Kang Jong Hyun itu sudah sejak tahun 2013 hingga 2015. Hingga sekarang, hal itu telah menarik perhatian media Korea, terutama Dispatch. Dalam laporan Dispatch, Kang Jong Hyun menghasilkan uang dengan menjual ponsel, meminjam uang, dan melakukan penipuan. Pada saat yang sama, ia juga terlibat dalam skema pinjaman dengan perusahaan keuangan.

Salah satu alasan mengapa Dispatch tertarik pada Kang Jong Hyun adalah karena dia tiba-tiba muncul entah dari mana pada tahun 2020, saat itu Kang Jong Hyun langsung meraih tiga perusahaan yang terdaftar di KOSDAQ dan Bithumb.

Sebuah cerita yang cukup kompleks kini mula diungkap Disptach, namun masih menimbulkan satu pertanyaan atas kekayaan Kang Jong Hyun. Bagaimana Kang Jong Hyun bisa mengumpulkan 23,0 miliar won (sekitar Rp243 miliar)?

Media Korea bertanya-tanya, bagaimana Kang Jong Hyun mendapatkan dana ratusan miliar itu hanya dalam waktu singkat? Hingga saat ini, Disptach masih mencoba menelusurinya, yang jelas utang senilai Rp127 miliar belum dilunasi oleh Kang Jong Hyun, lewat dana pinjaman yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menurut Dispatch, hadirnya Park Min Young dalam penelusuran kasus Kang Jong Hyun adalah sebuah bonus yang akhirnya membuat Kang Jong Hyun menjadi incaran banyak media dan instansi lainnya.

Sumber: Dispatch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *