5 Alasan Orang Korea Tunda Pernikahan Meski Usia Matang, Biaya Hidup Mahal?

Alasan Orang Korea Tunda Menikah

Ketika usia memasuki seperempat abad atau 25 tahun, biasanya orang Indonesia akan mulai pusing karena selalu ditanya ‘kapan menikah?’. Budaya seperti ini justru berbanding terbalik di Korea Selatan. Nyatanya, banyak orang di Korea yang masih belum menikah meski usianya sudah di atas 30 tahun.

Meski demikian, orang-orang sekitar pun tak ada yang mendesak dengan pertanyaan ‘kapan menikah?’. Fakta uniknya, ternyata orang Korea kebanyakan memilih untuk menunda pernikahan, lho. Bahkan ada pula yang ragu untuk menikah dan punya anak.

Bukan tak mau menikah, namun ada banyak faktor yang mereka pertimbangkan apabila memutuskan untuk hidup bersama pasangannya. Kira-kira apa saja, ya? Yuk simak fakta orang korea tunda pernikahan berikut ini.

1. Belum Siap Secara Finansial

Sebagai Negara Maju, Korea Selatan memiliki biaya hidup yang terbilang tinggi. Segala jenis sandang pangan dibanderol dengan harga mahal sehingga membuat orang Korea berpikir ratusan kali bila ingin menikah.

Mereka merasa apabila finansial belum stabil, mereka tidak mau mengambil risiko demikian. Sebab apabila menikah, mereka juga harus menyiapkan biaya merawat anak dan lain sebagainya.

Selain itu, ketika memutuskan menikah, biasanya pihak pria harus membeli rumah terlebih dahulu untuk ditinggali bersama calon istrinya. Hal itu yang membuat banyak orang Korea merasa harus mempersiapkan kestabilan finansial terlebih dahulu sebelum memutuskan menikah.

2. Kejar Karier

Tak dapat dipungkiri, banyak orang Korea yang workaholic alias gila kerja. Mereka lebih ingin fokus kejar karier terlebih dahulu di usia muda agar bisa mapan.

Ambisi mereka mengejar karier ini juga tak lain agar keuangan mereka jadi lebih stabil di kemudian hari. Sehingga tidak ada kekhawatiran apabila membentuk keluarga kecil di tengah biaya hidup mahal di Korea.

3. Baru Mapan di Usia Matang

Menunda pernikahan bukan berarti tidak mau menikah. Mungkin kamu banyak yang menyadari bahwa orang Korea lebih banyak menikah ketika menginjak usia kepala 3 atau bahkan 4.

Hal ini karena ketika masa muda, mereka lebih berambisi kejar karier terlebih dahulu. Bahkan ada pula lho yang baru mendapatkan pekerjaan yang bagus ketika sudah menginjak 30 tahun. Hal itu yang membuat mereka baru merasa lebih mapan di usia yang tak lagi muda.

4. Kesulitan dalam Karier

Alasan lain orang Korea menunda pernikahan adalah menurut mereka, menikah di usia yang tergolong muda dapat menghambat pekerjaan, terutama bagi pihak perempuan.

Ketika menikah, biasanya urusan rumah akan jadi urusan pihak perempuan, termasuk ketika sudah memiliki anak. Alhasil, mereka mungkin harus keluar dari pekerjaan yang dijalani agar bisa fokus mengurus urusan rumah.

Belum lagi apabila sudah punya anak ketika menikah di usia muda, biaya pendidikan seperti les yang tinggi akan membuat kesulitan finansial bila memang belum dipersiapkan sematang mungkin.

5. Bukan Tempat Membesarkan Anak

Alasan orang Korea menunda pernikahan lainnya adalah karena mereka merasa bahwa Korea bukanlah tempat yang tepat untuk membesarkan anak.

Mengutip dari liputan6, isu ketidaksetaraan gender, kejahatan asusila dan budaya individualis membuat mereka urung menikah dan bahkan tak ingin memiliki anak.

Nah itu dia beberapa alasan orang Korea menunda untuk menikah. Jadi bukan karena mereka tidak mau menikah, ya.

Melainkan ada banyak hal yang mereka ingin persiapkan terlebih dahulu agar lebih siap membentuk keluarga kecil nantinya. Jadi, bagaimana pendapatmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *