7 Universitas Terbaik di Korea Selatan 2024, Jadi Incaran Siswa Kelas 3

Universitas Terbaik di Korea Selatan

Di awal tahun 2024 lalu, program acara Elite League atau University War sempat ramai diperbincangkan. Dari tayangan ini, kita dibuat takjub dengan kecerdasan yang dimiliki oleh para perwakilan kampus terbaik di Korea Selatan. Di samping industri hiburannya yang mendunia, Korea Selatan juga dikenal dengan Universitas atau Kampus yang sudah bertaraf Internasional.

Tak heran jika banyak pula berbagai siswa dari belahan dunia, mengincar beberapa nama Universitas terbaik di Korea Selatan sebagai pendidikan lanjutan.

Universitas Terbaik di Korea Selatan 2024

Universitas Terbaik di Korea Selatan 2024
source: Indonesia Mengglobal

Kali ini, LapakKorea akan membahas terkait Universitas Terbaik di Korea Selatan tahun 2024 berdasarkan versi QS World University Rankings. Kira-kira kampus mana saja ya yang dinobatkan sebagai kampus terbaik? Yuk langsung kita ulas bersama-sama.

1. Seoul National University (SNU)

Posisi Universitas terbaik di Korea Selatan ditempati oleh Seoul National University (SNU). SNU ini dari tahun ke tahun memang jadi incaran para siswa kelas 3 SMA di Korea Selatan.

Kualitas pendidikannya tentu tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Seoul National University ini telah menempati posisi 41 dari deretan Kampus terbaik di dunia lho. Jurusan yang tersedia di SNU mulai dari Matematika, Fisika, Pertanian, Onkologi hingga Farmakologi & Toksikologi.

2. Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Menyusul SNU, ada Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) yang menjadi Universitas terbaik di Korea Selatan berikutnya.

KAIST menjadi incaran bagi siapa saja yang ingin fokus mendalami ilmu tentang teknologi. Faktanya, KAIST juga menyediakan program kuliah untuk mahasiswa dari berbagai belahan dunia yang belum mahir dalam Bahasa Korea.

Jurusan yang paling banyak diincar di KAIST di antaranya adalah Ilmu Sains, Teknik hingga Kimia.

3. Yonsei University

Menempati posisi sebagai Universitas terbaik ke-76 di dunia, Yonsei University berada di urutan ke tiga sebagai Universitas terbaik di Korea Selatan.

Yonsei University memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai. Menariknya, Yonsei University ini juga menyediakan program Sarjana maupun Pascasarjana yang dimana untuk masuk ke kampus ini terbilang cukup ketat.

Kalau kamu tertarik untuk masuk Yonsei University, jurusan unggulan seperti Kedokteran, Teknik Kimia dan Biomolekuler, Administrasi Bisnis hingga Artificial Intelligence bisa kamu pertimbangkan.

4. Korea University

Di posisi ke empat, ada Korea University. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1905 ini menjadi Universitas terbaik ke-79 di dunia. Hanya berbeda tiga poin dari Yonsei University.

Sederet publik figur asal Korea Selatan pun banyak yang merupakan lulusan Korea University. Jurusan unggulannya ada Kedokteran, Ilmu Sains, Pendidikan hingga Ilmu Sosial.

5. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Pohang University of Science and Technology (POSTECH) menempati posisi ke lima dari Universitas terbaik di Korea Selatan.

Bangunan POSTECH yang telah berdiri sejak 1986 ini terbentang di area seluas 400 hektar. POSTECH terkenal dengan program beasiswa untuk para mahasiswanya. Jurusan unggulan dari POSTECH di antaranya ada Kimia Fisik, Nanosains, hingga Rekayasa Material.

6. Sungkyunkwan University (SKKU)

Universitas terbaik di Korea Selatan berikutnya adalah Sungkyunkwan University (SKKU). Kampus ini jadi tempat terbaik buat kamu yang ingin mendalami ilmu tentang budaya sastra hingga ilmu sosial.

Menempati posisi 145 dari kampus terbaik di dunia, Sungkyunkwan University punya program kelas Bahasa Inggris yang diperuntukan untuk mahasiswa internasional di jenjang S1 maupun S2.

7. Hanyang University

Berikutnya ada Hanyang University yang juga masuk ke Universitas terbaik di Korea Selatan. Menempati posisi 164 sebagai Universitas terbaik di dunia, Hanyang University ini punya jurusan unggulan dari Teknik Kimia, Nanosains, Bioteknologi hingga Fisika.

Kelas internasional berbahasa Inggris juga ada, namun jurusan yang ditawarkan baru Data Science dan Global Management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *