4 Jurusan Kuliah Terfavorit di Korea Selatan, Banyak Diincar Pelajar Internasional!

Jurusan Kuliah Terfavorit di Korea Selatan

Menentukan program studi atau jurusan saat kuliah memang gampang-gampang susah. Belum lagi kalau kamu punya rencana melanjutkan pendidikan di Universitas luar negeri terutama Korea. Korea Selatan yang terkenal dengan kualitas pendidikannya yang terbaik, memiliki banyak sekali ragam program studi atau jurusan.

Akan tetapi, di antara banyaknya jurusan itu, nyatanya ada beberapa yang menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa lokal maupun internasional. Kira-kira jurusan apa saja ya yang terpopuler di Korea? Pantengin informasi lengkapnya bareng LapakKorea, ya.

Siapa tahu, rekomendasi jurusan favorit di Universitas Korea ini bisa jadi inspirasimu dalam menentukan pilihan.

1. Engineering (Teknik)

Jurusan yang cukup populer di kalangan mahasiswa internasional adalah Engineering alias Tekni. Yaps, sepertinya memang warga non Korea sangat suka mempelajari ilmu per-Teknikan di negara yang sudah sangat melek teknologi seperti Korea Selatan.

Jurusan Teknik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih di antaranya adalah Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Nuklir, Teknik Komputer, Teknik Mesin, hingga Teknik Biomedis. Sementara untuk Universitasnya, mungkin antara KAIST dan SNU bisa jadi pilihan yang tepat bila ingin mengambil jurusan Teknik.

2. Natural Science (Ilmu Pengetahuan Alam)

Jurusan yang cukup banyak diincar oleh para mahasiswa asing bila menempuh pendidikan di Universitas Korea adalah Natural Science alias Ilmu Pengetahuan Alam.

Mulai dari Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Geologi hingga Ilmu Hewan, semuanya jadi jurusan paling diidam-idamkan oleh banyak orang. Jurusan-jurusan itu merupakan program studi unggulan dari beberapa kampus terbaik di Korea Selatan.

Tak heran apabila ujian masuk perguruan tinggi tiba (CSAT), peserta calon mahasiswa harus mendapat nilai yang cukup tinggi agar bisa masuk ke jurusan yang berkaitan dengan Science.

Terlebih TOP 3 Kampus di Korea Selatan, yakni SNU, KU dan Yonsei, semuanya memiliki jurusan tersebut. Jadi Tak heran ya bila masuk ke jurusan ini, persaingan ketat akan sangat terasa di antara para mahasiswa.

3.  Humanities (Humaniora)

Jurusan yang berkaitan dengan manusia yakni Humanities atau Humaniora juga menjadi program studi di Universitas Korea yang cukup populer.

Lebih spesifiknya, ada jurusan Bahasa, Sejarah, Seni, Politik, Hukum, Filsafat hingga Antropologi. Terlebih untuk jurusan Seni, cukup banyak pelajar asing yang mengambil program studi tersebut.

Korea Selatan sendiri memiliki ragam budaya yang tak pernah habis untuk dikulik. Tak heran jika kemudian ada banyak sekali seniman, aktor hingga musisi yang memiliki latar belakang pendidikan di Korea Selatan.

Bahkan di beberapa Universitas, banyak program studi seni yang mulai memfokuskan pada ilmu Korean Wave yang hypenya sudah meledak di berbagai negara. Kalau kamu tertarik, bisa coba pertimbangkan antara Sungkyunkwan University, SNU, Hanyang University, Yonsei University hingga Korea University.

4. Business (Bisnis)

Berikutnya ada jurusan yang berkaitan dengan Bisnis. Jurusan seperti Ekonomi, Akuntasi, Bank, Pemasaran, Administrasi Bisnis menjadi salah satu yang cukup banyak diambil oleh pelajar asing.

Bukan tanpa alasan, banyak Universitas Korea yang mengajarkan siswa internasionalnya lewat teori dan juga sesi praktik yang mampu memberikan pengalaman penting.

Contoh dari keberhasilan jurusan Pemasaran adalah bagaimana Korea Selatan dapat membranding pasar Intenasional sebaik mungkin di berbagai sektor industri.

Kalau kamu berminat, lagi-lagi TOP 3 Universitas terbaik di Korea yakni SNU, KU dan Yonsei juga memiliki jurusan bisnis dalam program studinya.

Nah itu dia beberapa deretan jurusan yang paling diminati oleh pelajar asing di Universitas Korea Selatan. Jadi bagaimana, sudah bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan passionmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *