Penuh Makna, 10 Lagu KPop yang Mengisahkan Tentang Kesehatan Mental

Kamu berharga, cobalah untuk menikmati hidup!

Belenggu kerusakan mental, akibat seringnya dirisak secara langsung ataupun di sosial media, mengalami broken home, dan diabaikan oleh orang lain sering kali terjadi di tengah masyarakat. Apalagi di negara Korea Selatan yang terkenal dengan bunuh diri akibat depresi. Banyak selebriti Korea mengakhiri hidupnya, karena tidak tahan dengan risakan secara langsung atau pun di dunia maya.

Meski banyak yang akhirnya mengakhiri hidupnya, ternyata masih ada selebriti Korea yang tetap berjuang menghadapi tekanan itu. Beberapa contohnya adalah idol K-Pop di bawah ini. Mereka membuat sebuah karya berupa lagu yang liriknya tentang kesehatan mental. Pesannya sangat mendalam, mulai dari mengajak pendengar untuk tetap berjuang melawan tekanan, rasa sakit yang dialami, hingga mengajak pendengar untuk saling menerima satu sama lain.

Nah, siapakah idol K-Pop tersebut? Yuk, temukan di bawah ini.

1. Seventeen, Trauma

Lagu ini diambil dari kisah pribadi setiap anggota Seventeen. Penuh makna, lirik yang terdapat di dalam lagu ini mengungkapkan bahwa mereka kesepian, keraguan, kehilangan tujuan hidup hingga ketakutan atas peristiwa yang dialami di masa lalu.

Kejadian itu membuat mereka trauma, sampai berkata “Apa alasan saya hidup?”. Trauma itu, tidak bisa membuat mereka untuk menikmati hidup. Hingga salah satu cara untuk mengatakan isi hatinya adalah dengan cara menuangkannya ke dalam lagu.

2. Dynamic Duo and EXO’s Chen, Nosedive

Lagu yang dipopulerkan oleh Chen dan Dynamic Duo ini, memberi makna tentang penguatan untuk orang yang sedang depresi. Lirik lagu ini ditulis seperti kisah novel, yang awalnya berisi tentang kondisi pribadi yang buruk. Hingga sampai diakhir bait lagu, Chen dan Dynamic Duo memberikan penguatan untuk bisa berjuang melawan depresi.

“Menangislah!” “Aku akan mencoba menghiburmu”, merupakan makna dari bait terakhir dari lagu ini.

Baca juga: http://lapakkorea.com/22-idol-kpop-akan-comeback-di-bulan-oktober-catat-tanggalnya-guys/

3. San E, Counselor

Berbeda dari dua lagu di atas, San E mengemas lirik lagu tentang kesehatan mental diri. Lirik ini, secara khusus mengarah kepada dirinya yang harus mencari tempat konseling. Beberapa bait dibentuk berupa pengajakan, untuk mencari konselor. Dari pada berkutat sendiri di kamar, lebih baik mencari orang yang bersedia mendengar keluh kesah diri sendiri.

Hal ini menjadi pilihan terbaik untuk kesehatan mental, selain bisa mencurahkan isi hati kita juga bisa mengatasi dan mengendalikan masalah kesehatan mental. Tapi, cari konselor yang terbaik ya.

4. B.A.P, Wake Me Up

Lirik lagu dan visualisasi pada video yang dibawakan oleh B.A.P, sangat menjelaskan bagaimana kesehatan mental yang buruk. Visualisasi yang ditunjukkan berupa depresi, kecemasan, kesepian, dan citra tubuh sangat tergambar dengan jelas.

Sedangkan liriknya, mencoba membangkitkan semangat dengan penuh harapan yang kuat untuk mengatasi segala kesulitan itu.

5. 2NE1, Ugly

Sangat relate dengan kehidupan sekarang, 2NE1 mencoba menjelaskan bahwa standar kecantikan itu berbeda-beda. Lewat lagu yang berjudul Ugly, mereka menggambarkan bagaimana orang lain dengan sesuka hati menilai penampilan fisik orang lain. Hingga akhirnya, setiap orang yang menjadi korban memengaruhi harga diri dan kepercayaan diri.

Ingat! Kamu pria merupakan ciptaan Tuhan paling ganteng, dan kamu wanita merupakan ciptaan Tuhan yang paling cantik. Jadi, angkat kepala dan berjalanlah dengan penuh percaya diri.

6. Sunmi, Borderline

Lagu Sunmi ini, secara khusus menggambarkan tentang perjalanan kariernya dan para idol lainnya. Liriknya, secara emosional mengungkapkan tentang kesehatan mentalnya yang berhubungan dengan harga yang harus dibayar ketika mencapai ketenaran.

Tak disebut hal apa saja yang harus dikorbankan, yang jelas dalam lagu ini Sunmi mencoba melimpahkan rasa sakit yang ia alami sebagai publik figure.

7. Stray Kids, Mirror

Untuk berdamai dengan diri sendiri dan orang lain merupakan hal yang sulit. Lagu dari Stray Kids ini, sangat jelas menggambarkan perasaan tersebut. Ketakutan, kebingungan, dan keraguan sering muncul dan menimbulkan asumsi yang pada akhirnya merusak relasi dengan orang lain.

Perasaan itu pernah dialami oleh Stray Kids, yang akhirnya menuangkannya ke dalam lagu.

Baca juga: http://lapakkorea.com/15-fakta-menarik-wonwoo-seventeen-rapper-yang-paling-suka-makan-ramyeon/

8. Kim Jong Hyun feat Taeyeon Lonely

Setelah kejadian yang menimpa mendiang SHINee Jong Hyun, lagu ini sangat mampu membuat para penggemarnya menangis. Membayangkan betapa sengsaranya Jong Hyun, ketika memendam rasa sakit itu sendiri.

Balada melankolis yang dibawakan Kim Jong Hyun feat Taeyeon ini, membawakan topik kesepian dan rasa takut jika harus membebani orang lain atas masalah diri kita sendiri.

9. Agust D, The Last

Suga BTS idol yang sudah terkenal di beberapa negara, juga tak jauh dari perasaan buruk terkait kesehatan mentalnya. Namun, ia lebih memilih melampiaskannya ke dalam bentuk lagu.

Perjalanan hidup yang sudah dilaluinya itu, dituangkan ke dalam lagu sebagai Aguts D di mixtape pertamanya. Lau itu berjudul The Last, yang secara khusus mengungkapkan masalah kesehatan mentalnya. Dalam lirik lagu yang Suga bawakan ini, tersirat sedang berjuang melewati masalah depresi, kecemasan sosial, dan OCD.

10. Epik High feat Sunwoo JungA, In Seoul

Lagu ini secara tersirat memberi makana kehampaan, kesepian saat berada di Seol. “Kota dingin, tak seorang pun yang mengerti perasaan saya” merupakan penggalan kalimat yang dinyanyikan Epik High.

Lagu yang berjudul In Seol ini, mencoba mengungkapkan bahwa berurusan dengan dunia luar sangat melelahkan. Berdasarkan lirik, rasa cemas bisa melumpuhkan diri hingga sulit untuk tidur yang berakhir insomnia.

Nah, itulah 10 lagu K-Pop yang memiliki makna dalam tentang kesehatan mental. Sebagai pecinta K-Pop atau pun KDrama, yuk dukung idola kalian dan katakan “good job” di setiap karya yang mereka rilis. Perlu diketahui bahwa, selebriti Korea Selatan perlu membayar banyak harga untuk menjadi idol yang bersinar di atas panggung. Ini bukan soal uang, tapi harga yang dibayar itu terdapat kerja keras mulai masa trainee, hingga mereka mulai terkenal.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cahaya Padang

We Have Only Today, Let's Begin!

3 thoughts on “Penuh Makna, 10 Lagu KPop yang Mengisahkan Tentang Kesehatan Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *