Review Drama Korea Sweet Home, Hasrat Manusia Adalah Monster

Keberhasilan Song Kang melawan hasrat dan amarahnya, berpotensi akan ada Sweet Home season 2!

Berdasarkan webtoon thriller hit dengan judul yang sama, Sweet Home menceritakan kisah Cha Hyun Soo (Song Kang), seorang anak remaja yang pindah ke gedung apartemen baru setelah kehilangan keluarganya dalam kecelakaan tragis. Di sana, dia akhirnya menghadapi serangkaian kejadian yang mengejutkan dan menakutkan, ia melihat manusia tiba-tiba mulai berubah menjadi monster di sekelilingnya.

Artikel ini, mungkin mengandung spoiler!

Green Home, Apartemen Kumuh

Selamat datang di Green Home, sebuah gedung apartemen kumuh yang penghuninya, berlatar belakang kehilangan keluarga, pacar, dan arti hidup. Seorang penduduk baru bergabung dengan Green Home setelah kehilangan keluarganya secara tragis karena kecelakaan mobil, dan dia berencana untuk bunuh diri untuk mengakhiri penderitaan dan rasa sakitnya dari kesulitan yang tiada henti. Tapi dunia mengalahkan perasaan itu.

Dunia yang ia tinggali menjadi kacau, setelah penyakit baru menyebar dan mengubah manusia menjadi monster. Penyakit ini, berhubungan dengan hasrat dan keinginan terdalam manusia yang harus digapai. Ngerinya, jika hasrat itu tak tertahankan atau sampai membuat diri kita semakin emosi, maka ia akan menjadi monster karena tidak bisa melawan iblis di dalam diri.

Hebatnya, ada satu manusia yang bisa mengatasi segala hasrat dan emosi itu. Meski sewaktu-waktu bisa berubah menjadi monster, ia juga bisa kembali menjadi manusia karena bisa menahan emosinya. Dia bernama Cha Hyun Soo.

Perkenalan Karakter dan Masalah Hidup Para Pemeran

This image has an empty alt attribute; its file name is image-293-707x1024.png

Karakter utama di drama ini adalah Cha Hyun Soo (Song Kang). Hyun Soo masih berusia 19 tahun. Ia menjadi penghuni baru di apartemen Green Home.

Sebelum kehilangan keluarganya dalam kecelakaan mobil, Hyun Soo adalah korban intimidasi ekstrim dari teman sekelasnya. Kecewa dengan pengkhianatan teman-temannya dan kelalaian keluarganya, Hyun-soo menjadi sangat tertekan. Keinginan terdalamnya untuk mati terwujud dalam monster alter egonya yang mendorongnya untuk memuaskan dahaga, tetapi dia membalas keinginan gelap itu dengan keinginannya untuk bertahan hidup.

Berada bersama penyintas lainnya, Hyun Soo menghadapi penolakan, penerimaan, godaan, dan kenyamanan saat ia belajar menavigasi kiamat dengan identitas gandanya.

Selain Hyun Soo, ada juga pemeran pembantu yang sangat menarik, bernama Yoon Ji Soo (Lee Kyu-young). Ia seorang pemain bass yang pindah ke apartemen, setelah pasangannya bunuh diri. Dia pindah seminggu sebelum Hyun Soo dan baru saja bertemu dengan beberapa tetangga, termasuk Jung Jae Heon (Kim Nam-hee).

This image has an empty alt attribute; its file name is Kim-Nam-Hee-dan-Lee-Kyu-Young-pemeran-drama-Sweet-Home-1024x576.jpg

Jae Heon adalah seorang guru bahasa Korea dan seorang Kristen yang taat, kepada kehendak Tuhan. Terlatih dalam anggar, Jae Heon adalah ahli pedang dan siap melawan monster. Sementara senjata pilihan Ji Soo melawan monster adalah tongkat baseball.

Tak kalah keren, karakter Han Doo Shik (Kim Sang-ho), seorang veteran tentara yang menggunakan kursi roda yang masih bertahan hidup. Doo Shik adalah teknisi yang terampil dan menjadi pembuat senjata untuk melawan monster.

Dia pertama kali bertemu Hyun Soo dalam misi menyelamatkan dua anak, Kim Young-soo dan Kim Soo-young, yang kehilangan ayah mereka karena monster. Doo Shik menjadi wali untuk kedua anak tersebut dan bergabung dengan para penyintas sebagai teknisi penting, untuk meningkatkan kekuatan senjata ke tingkat sempurna untuk mematikan monster.

Juga tak kalah penting, Lee Eun Hyuk (Lee Do-hyun) dalang dari strategi melawan monster. Sayangnya, karakternya yang dingin dan logis, sering kali dianggap “orang jahat”. Sikap dinginnya bisa berubah, ketika berinteraksi dengan adik tirinya yang lebih muda, yaitu Lee Eun Yoo (Go Min-shi), seorang calon penari balet yang menyerah pada mimpinya karena pergelangan kakinya yang terluka.

Untuk mendukung impian Eun Yoo, Eun Hyuk mengambil cuti dari sekolah kedokteran untuk bekerja, tetapi Eun Yoo memberontak menolaknya.

Karakter kunci dalam serial drama tetapi tidak ada di webtoon aslinya, bernama Seo Yi Kyung (Lee Shi-young) adalah seorang petugas pemadam kebakaran yang sebelumnya, bertugas di pasukan khusus.

Dia kehilangan tunangan ilmuwannya tepat sebelum pernikahan mereka, dan dia menemukan bahwa kematiannya terkait dengan wabah monster. Keterampilan intelektual dan fisiknya yang kuat menyelamatkan para penyintas dari krisis, tetapi tekadnya untuk mengungkap kebenaran tentang tunangannya membuat para penyintas, terutama Hyun Soo, dalam posisi genting.

Satu-satunya karakter yang bukan penduduk Green Home, bernama Pyun Sang Wook (Lee Jin-wook). ia mengunjungi apartemen dengan misi, untuk membunuh salah satu penghuninya. Sang Wook seorang pembunuh bayaran yang terampil dengan bekas luka di sekujur tubuhnya, tetapi luka bakar di wajahnya sangat penting untuk cerita latarnya.

Sang Wook adalah satu-satunya yang selamat dari kebakaran yang menewaskan keluarganya, dan dia berhasil membunuh pelaku kebakaran itu. Ia tidak pernah menunjukkan penyesalan atas kejahatannya dan tidak menerima hukuman, dari sistem peradilan. Dia tidak khawatir dengan tentang kematian dan rasa sakit, tetapi perlahan-lahan dia mendapatkan kembali kemanusiaannya melalui interaksinya dengan para penyintas.

Rasa “Lapar” yang Berlebihan

Menggunakan alur mundur, episode pertama secara singkat memperkenalkan karakter utama dan langsung menghadirkan malapetaka monster. Dengan sedikit peringatan dan tidak ada penjelasan penyebabnya, kemunculan monster secara tiba-tiba terjadi kepada tetangga sebelah Hyun Soo.

Dari beberapa petunjuk konteks, tampaknya wanita yang telah menjadi monster, terobsesi untuk menurunkan berat badannya, supaya bisa mengikuti audisi. Ia menahan rasa lapar yang luar biasa, namun setelah menjadi monster, keinginannya menjadi melampaui dirinya sebagai manusia.

Karena berada di lorong yang sama, Hyun Soo, Sang Wook, dan Ji Soo bertemu dengan monster lapar ini. Sementara itu, penduduk Green Home lainnya menunggu di lobi yang akhirnya bertemu dengan monster pengisap darah menggunakan tentakelnya yang panjang, untuk menghisap darah dari para korbannya.

Penghuni Green Home mendapati diri mereka terkunci di dalam gedung, dan tidak jelas siapa yang mengunci mereka dan mengapa. Apakah penduduk terkunci untuk menyelamatkan mereka dari monster di luar, atau apakah mereka terkunci untuk menyelamatkan dunia luar dari monster yang ada di dalam gedung? Tidak ada jawaban jelas yang diberikan, tetapi ini adalah pertanyaan yang menarik untuk dibahas kembali di seluruh seri.

Keinginan yang Berlebihan

Dalam episode berikutnya, misteri seputar penyakit itu terungkap. Penyakit ini berasal dari keinginan manusia yang melekat, dan mereka yang terinfeksi mengalami gejala halusinasi, perilaku agresif, dan mimisan yang ikonik.

Secara visual, monster benar-benar sangat menyeramkan. Ada beberapa jenis, mulai dari monster pengisap darah, monster buta tapi pendengarannya cukup tajam, monster yang bisa berlari dengan cepat. Ada juga monster berbentuk akar tertarai. (Sehebat CGI seharusnya, bisa menciptakan monster lebih aneh, tapi ini juga keren sih).

Ketika Hyun Soo merasa kasihan kepada anak-anak yang ditinggal ayahnya, rasa keinginan bunuh diri perlahan-lahan semakin menghilang. Tapi, masa lalunya yang menyakitkan kembali membangunkan ego dan amarahnya, sehingga sewaktu-waktu ia bisa burah menjadi monster.

Hal Menarik di Season 2 (Jika ditayangkan)

Dua episode terakhir sangat mengisyaratkan konspirasi pemerintah sebagai penyebab bencana monster itu, dan kesalnya setiap episode banyak pertanyaan yang tidak terjawab.

Ketidakpercayaan terhadap militer dan skeptisisme seputar janji mereka tentang “kamp yang aman”, membuat para penyintas lebih kritis, mereka tahu bahwa janji keselamatan secara mutlak, belum ada kepastiannya, kemungkinan besar harapan yang diberikan pemerintah melalui militer, merupakan janji dan harapan palsu.

Hyun Soo akhirnya berada di bawah kekuasaan militer. Anehnya Sang Wook muncul di depan Hyun Soo, dengan penampilan yang berbeda. Apakah ia juga bagian dari militer itu? Apakah Hyun Soo benar-benar ditahan oleh militer?

Munculnya Sang Wook di bagian akhir adalah menciptakan perubahan besar. Kemungkinan besarnya, Eui Myung ada dalam cangkang Sang Wook. Kekuatan aneh Eui Myung untuk menghuni tubuh manusia mana pun adalah penjelasan yang masuk akal.

Tapi, ini tetap menimbulkan pertanyaan, apakah Hyun Soo benar-benar selamat di tangan militer? Atau lebih baik bergabung dengan kawanan serigala liar dan monster nakal?

Kemudian, hal menarik lainnya yang ada di serial ini adalah seluruh pemerannya. Serial ini memiliki pemeran yang sangat kuat, sehingga sangat mengesankan. Karakter Eun Hyuk dan Sang Wook sangat menarik, lalu akting mereka juga totalitas abis.

Bagian akhir membuat pertunjukan terbuka lebar untuk season dua. Hilangnya karakter kunci dari musim ini, berarti bahwa penyintas yang tersisa akan memiliki peran yang lebih besar dalam strategi untuk bertahan hidup, tetapi masih menimbulkan kecurigaan bahwa Eun Hyuk mungkin kembali menjadi monster.

Terlepas dari comeback-nya, prospek Eun Yoo dan Ji Soo sepertinya akan mendapatkan lebih banyak membintangi drama, dan di serial ini, ia bisa memimpin upaya bertahan hidup di masa depan. Sangan berharap Eun Yoo dan Ji Soo memiliki lebih banyak potensi. Hubungan mereka sangat menarik dibahas.

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cahaya Padang

We Have Only Today, Let's Begin!

3 thoughts on “Review Drama Korea Sweet Home, Hasrat Manusia Adalah Monster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *